by

Berpotensi merusak Lingkungan Perumahan, WALHI SUMUT ingatkan Pemangku Kebijakan TPA Sampah Tadukan Raga

lintasmediacyber.com – Pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah di Desa Tadukan Raga, Kecamatan STM Hilir, Kabupaten Deli Serdang berpeluang besar merusak lingkungan terutama Perumahan yang ada disekitarnya menurut penilaian Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Sumatera Utara (Sumut)

Hal ini disampaikan Manager Kajian dan Advokasi WALHI Sumut, Putra Septian kepada lintasmediacyber.com, “Kita juga sudah langsung turun ke lokasi pembangunan TPA itu. Kita melihat potensi bencana yang terjadi di Desa Tadukan Raga khususnya proses pembangunan TPA itu, sebab sangat dekat dengan sungai,” sebutnya, Rabu, 27 Januari 2021

Lebih lanjut Putra menjelaskan, perspektif dampak ekologis pembangunan TPA tersebut juga tidak mengacu pada Standart Nasional Indonesia (SNI) “Ya karena dibangun di sekitar permukiman warga dan pinggiran sungai. Harusnya pembangunan TPA itu berjarak 1 km, ini justru hanya sekitar 100 meter dari permukiman warga,” ucapnya. Selain itu juga TPA harus diikuti daerah Penyangga seperti Buffer Zone untuk mengantisipasi polusi bau. Serta memfilter serangga dari TPA ke pemukiman warga.

Sampai saat ini warga yang bermukim di sekitar lokasi pembangunan TPA tersebut terus melakukan upaya penolakan lokasi tersebut dan WALHI pun telah berupaya untuk mendampingi agar bisa menyelesaikan kasus tersebut. “Kita sudah melakukan pendampingan dengan melayangkan surat kepada beberapa Instansi terkait seperti Dinas Lingkungan Hidup Provinsi dan Rapat Dengar Pendapat (RDP) di DPRD Deli Serdang,” tuturnya

Namun, lanjutnya Dinas lingkungan hidup dan Perkim Deli Serdang masih berspekulasi pembangunan TPA ini telah memenuhi standar. Bahkan juga sebutkan telah menganalisis dampak sosiologis, dampak kesehatan, dan proses membangunnya TPA ini harus dilanjutkan.

“Sayangnya Pemkab Deli Serdang sangat menutup ruang dialog dengan warga terkait pembangun TPA tersebut, bahkan mereka menyebutkan, apabila tidak sepakat dengan pembangunan TPA ini. Silahkan warga untuk melakukan gugatan,” tandasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed