oleh

Peternak Bebek Petelor di Tanggamus Sangat Menjanjikan

-Umum-103 views

LMC] Lampung-Tanggamus Peternak Bebek Petelor milik kakak beradik Rizal dan Yunaiti warga dusun 01/02 Pekon Sukarame Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus, yang sudah menekuni peternak sejak satu tahun terahir.

Kepada Lintasmediacyber.com Rizal dan Yunaiti mengatakan, saat ini saya dan kakak saya ngurus ternak hasil penetasan sendiri sebanyak 600 ekor.

“Kami memulai beternak ini sejak satu tahun terahir, ini milik pribadi bukan bermitra dengan pihak lain, dari kandang yang berukuran 20 × 20 punya saya juga punya kakak berukuran sama, dibagi tiga petak tergantung usianya.

Menurut Rizal, untuk pakan kami pakai merek GL khusus pakan ternak, dari 300 ekor yang saya pelihara sehari menghabiskan 20 – 25 kg pakan.
Sementara semalam menghasilkan -+ 160 biji telor.

Untuk pemasaran sementara ini kami masih lokal, ngantar kepasar-pasar sekitaran Kecamatan Talang Padang, terkadang ada juga yang pesan. “Untuk berlanganan sementara ini belum ada.

“Untuk usia bebek produktip bertelor dari umur enam bulan sampai dua tahun, diatas umur dua tahun termasuk pekir, dijual untuk jadi bebek potong,” ujarnya.

Ditambahkanya, untuk pembibitan sementara kami melakukan penetasan sendiri dengan mesin penetas, untuk penetasan kami mengambil telur dari bebek berusia satu tahun sampai dua tahun, usia penetasan tiga puluh hari di mesin penetasan, biasanya tingkat keberhasilan mencapai 80%.

Harapan sih kalau ada yang mau bermitra baik dari perusahaan ataupun dinas saya dan kakak saya terbuka untuk menjalin kemitraan, karena selama ini kami masih terkendala modal untuk meningkatkan hasil produksinya. Selama ini kami masih beternak  dengan cara lama konvensional.

“Saya sangat berharap ada pembinaan untuk ternak kami, baik dari cara menjaga kesehatan dan meningkatkan hasil produksinya dan sangat sangat berharap di Tanggamus kedepan ada paguyuban petwrnak bebek seperti di kabupaten Pringsewu,” harap Rizal. [Zairi]

Komentar

News Feed