oleh

Tanggul Nyaris Jebol Warga Wonosobo Tanggamus Kebanjiran

-Umum-401 views

LMC] Lampung-Tanggamus Akibat hujan deras semalam  7/11/18 tanggul pengaman banjir di Pekon Banyu Urip Kecamatan Wonosobo nyaris putus. padahal tanggul tersebut belum lama di perbaiki.

Akibat tanggul nyaris terputus warga di sekitar areal tanggul tersebut merasa was-was, jika hujan lebat pada malam hari warga Pekon Dadisari dan Banyu Urip begadang untuk berjaga-jaga, khawatir akan banjir ,dan sesekali mengungsi ke keluarga di Pekon lain yang jauh dari lokasi tanggul tersebut.

Tangul yang nyaris putus di hantam banjir tersebut belum lama di perbaiki, karena sebelumnya sempat putus akibat banjir tahun lalu, apa bila tidak segera di tanggulangi tidak metutup kemungkinan akan putus dan mengancam lima pekon di bawahnya yaitu, Pekon Banyu Urip, Dadisari, Dadirejo, Kalirejo, dan karang Anyar, dan mengancam sekitar 140 Ha tanaman padi yang sudah mulai menguning.

Seperti yang di alami Sudirman, warga dusun Tampang Pekon Dadidari Kecamatan Wonosobo,” Sudah dua bulan ini saya kalau hujan malam gak bisa tidur,  berjaga-jaga takut banjir,  anak dan istri pernah saya ungsikan pak,” ungkap Dirman , di kediamannya. Rabu pagi.

“saya berharap agar pemerintah Kabupaten Tanggamus segera memperbaiki tanggul yang nyaris putus itu, kalau boleh usul maunya itu di bronjong pakai batu, agar kuat. Kami sangat was-was apalagi ini mulai masuk musim penghujan.” imbuh Dirman.

Edi Nugroho Kabid Kedaruratan BPBD Tanggamus Kepada Lintasmediacyber.com via pesan Washsaf mengatakan, saya sekarang lagi ada di BNS, kami dari pagi tadi sudah berada di lapangan bersama Dinas PU dan Dinas Keaehatan,” ucapnya.

“Sekarang BPBD sedang melakukan penyedotan air dari rumah-rumah mengunakan mesin pompa air (Alkon)

Kami juga berkordinasi dengan Dinas Kesehatan dan PU. Saat ini Dinas Kesehatan melakukan pembenahan sumur-sumur warga mengunakan kaporit.

Sementara dari Dinas PU siap melakukan Normalisasi sungai, karena irigasi yang ada di lakaran mengalami pendangkalan,” ucapnya. [Zairi/**]

Komentar

News Feed