oleh

Peresmian Masjid Pekon Sumberjo Oleh Masyarakat Setempat

-Umum-126 views

LMC] Lampung-Tanggamus Masjid merupakan sarana vital bagi umat Islam. Karena selain untuk beribadah sholat, masjid juga menjadi pusat kegiatan umat Islam. Akan tetapi tidak semua komunitas umat Islam dapat memiliki masjid. Baik karena keterbatasan kemampuan, ataupun karena hal lain.

Karenanya diperlukan kerja sama dengan pihak lainnya agar keinginan masyarakat memiliki tempat beribadah yang representatif dapat terwujud.

Seperti yang dilakukan warga Muhammadiyah terutama yang tinggal di Pekon Sumberjo Kec. Sumberjo Kabupaten Tanggamus. Masyarakat sudah memiliki tanah sejak lama, dan memiliki TK yang dikelola Aisyiyah, tetapi belum memiliki masjid. Dengan bekerja sama dengan Yayasan Bina Muwahhidin Surabaya, keinginan tersebut dapat diwujudkan.

Masjid yang sudah selesai dibangun atas kerjasama PCM Sumberjo dg Yayasan Bina Muwahhidin Surabaya 4/11 diserahkan kepada masyarakat melalui Pimpinan Daerah Muhammadiyah Tanggamus.

Pihak Yayasan Bina Muwahidin diwakili Ustadz Sunarno dan pihak PDM Tanggamus, diterima oleh H. Maryono, S. Ag.

Dalam acara peresmian pemakaian masjid tersebut, juga diserahkan sound sistem, karpet, dan perlengkapan masjid lainnya. Secara simbolis penyerahan tersebut disampaikan prasati dan buku2.

Dalam sambutannya ustadz Sunarno yang mewakili Yayasan Bina Muwahhidin Surabaya menyampaikan, bahwa Yayasannya telah membangun beberapa masjid di Lampung, Untuk kali ini selain masjid juga dibangun rumah untuk penunggu Masjid.

“Saya berharap bahwa ramainya masjid bukan saja pada saat peresmian ini saja, tetapi keseharianya juga ramai masyarakat berjamaah. H. Maryono yang mewakili Muhammadiyah Tanggamus mengucapkan terima kasih dan kirim salam untuk pengurus Yayasan di Surabaya,” ucapnya.

Dalam sambutanya Ir. H. Akhmadi Sumaryanto juga menyampaikan kepada pihak Yayasan Bina Muwahhidin, bahwa banyak komunitas masyarakat yang mengingikan memiliki masjid atau mushola yang representatif. Dan berharap agar pihak Yayasan juga bisa membantu pihak pihak yang ingin membuat masjid atau musholla. Selain itu perlu juga diperhatikan sekolah dan pondok pesantren sebagai tempat untuk menyemaikan dan memupuk generasi muda agar mencintai masjid,” tutupnya.

Selain acara peresmian, pertemuan malam itu juga diisi oleh tausyiah yang disampaikan oleh ustadz Ikhwan Prayogi, Lc.  dari Yayasan Abdurahman bin Auf Metro. Tausyiah yang berisikan keutamaan membangun masjid itu, memukau hadirin dan mampu membangkitkan semangat hadirin untuk berinfaq untuk masjid. [Zairi]

Komentar

News Feed