oleh

Patdu Tim Pencegahan Karhutla Di Desa Srikembang Tidak Menemukan Kejadian Karhutla

-Daerah-35 views

LMC] Sumatra Selatan-Banyuasin Guna untuk memastikan titik hospot diwilayah Kerjanya, Tim Pencegahan Karutla dengan wilayah kerja Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan gelar Patroli terpadu yang berlokasi di Desa Srikembang, Kecamatan Betung, Kabupaten Banyuasin. Kamis (18/10).

Patroli ini dilaksanakan oleh 5 orang Tim pencegahan Karhutla yakni, Jinaidi dari Manggala Agni, Fadli Azim dari Manggala Agni, Serda Erdison dari TNI, Brigpol Gandhi Prianata dari Polri dan Heri Santoso dari Satgas Desa.

Berdasarkan laporan dari Tim Patroli terpadu melalui Kapolsek Betung AKP Naziruddin. SH. M.Si menyebutkan bahwa saat ini dilokasi Patroli Desa Serikembang dimana Suhu 33°C. Kelembaban 52 %. Curah Hujan  1,0 mm. Angin  8 Kph dan Keadaan Cuaca pagi cerah berawan, siang cerah berawan dan sore juga berawan.

Kapolres juga mengatakan bahwa areal rawan terbakar dengan Koordinat S 02.77796°
E 104.23210° Vegetasi Purun, Bakung, Gelam, Belidang dan Sawit. Sedangkan kondisi kadar air bahan bakar tinggi, jenis tanah mineral, kedalaman Gambut Sumber Air  lebar dan kedalaman

“Sementara konsentrasi penduduk jarang dan aktivitas pasyarakat petani dengan
status Lahan  APL dan luas lahan  ± 2 Ha serta potensi Kebakaran rendah” kata Kapolsek pada pewarta ini. Kamis (18/10).

Menurut Kapolsek, pada giat itu Tim juga melaksanakan sosialisasi penyadartahuan tentang Karhutla kepada Bapak Kori, Bapak Hasnan di dusun lV Desa Sri Kembang Kecamatan Betung Kabupaten Banyuasin. Dan selanjutnya Tim juga melaksanakan sosialisasi penyadartahuan tentang karhutla kepada Bapak Erwin, Bapak Hamali, dan Ibu Marni di dusun IV Desa Sri Kembang Kecamatan Betung Kabupaten Banyuasin.

“Area patroli hari ini di adalah dusun IV Desa Sri Kembang Kecamatan Betung Kabupaten Banyuasin. Pada kesempatan awal Tim melakukan sosialisasi tentang karhutla sekaligus menyampaikan Maklumat bersama Gubernur Sumsel, Kapolda Sumsel dan Pangdam II Sriwijaya yang berisi tentang larangan membakar hutan dan lahan,” beber nya.

Kapolsek Naziruddin menambahkan bahwa Tim juga memantau kondisi lahan yang rawan terbakar dan dari uji remas disimpulkan tingkat kerawanan Karhutla terkategori rendah. Selanjutnya Tim kembali ke Posko untuk stand by bila terjadi karhutla.

“Secara umum kegiatan patroli terpadu hari ini berjalan dengan baik. Masyarakat di dusun IV Desa Sri Kembang bisa memahami penjelasan tentang Karhutla dan kerugian nya. Kondisi cuaca cerah berawan. Tidak ditemukan kejadian karhutla di wilayah kerja Posko Patdu Bukit di Desa Sri Kembang Kecamatan Betung Kabupaten Banyuasin,” pungkasnya. [MD]

Komentar

News Feed